Gianyar - Bhabinkamtibmas merupakan anggota Kepolisian yang ditugaskan untuk membina keamanan dan ketertiban di suatu Kelurahan/Desa binaannya, serta didalam Instansi Kepolisian sebagai penyambung lidah untuk menyampaikan kebijakan pimpinan kepada warga masyarakat.’


Seperti pada Minggu (06/08/2023), Pukul 14.30 wita, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta, Aiptu I Made Widastra bersinergi dengan Pecalang atensi rangkaian giat upacara Ngaben warga Alm Ni Wayan Dudug (Jro Mangku Istri Lingsir) yang sebelumnya sudah dilaksanakan Upacara mekingsan di Geni pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023, di Banjar Tewel, Desa Singakerta.


Sarana Upacara Pitra Yadnya dan iringan-iringan diangkut dengan menggunakan Bade dalam bentuk Padma dan Lembu Putih, dari rumah duka di Banjar Tewel, Desa Singakerta Menuju Setra adat Demayu. Bhabinkamtibmas melakukan pemantauan dan melaksanakan pamturlalin agar kegiatan berjalan lancar dan kondusif.


“Kami berupaya memberikan pelayanan keamanan agar setiap kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan aman,” ucap bhabinkamtibmas.


Sementara Kapolsek Ubud Kompol I Made Uder, A.Md., S.H., M.Ag., mengatakan, “lewat peran Bhabinkamtibmas yang aktif di desa binaannya akan dapat menjaga stabilitas kamtibmas di wilayah binaannya,” ujar Kapolsek (dastro)