Klungkung-Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta Hadiri Penyambutan Ida Dalem Semaraputra (ahli waris Kerajaan Klungkung) yang menerima Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Ida Dewa Agung Jambe. Pada Sabtu, 11 Nopember 2023 


Penyambutan Ida Dalem Semaraputra (Ahli Waris Kerajaan Klungkung) yang menerima Penganugrahan Gelar Pahlawan Nasional/Dharmaning Ksatria Mahottama kepada Ida Dewa Agung Jambe (Raja Klungkung XI) yang ditetapkan sesuai Keputusan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo No.115-TK-TH2023.


Dalam Penyambutan ini di hadiri oleh Plt Bupati Klungkung I Made Kasta, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Armen, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, Pimpinan OPD Pemkab Klungkung, Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali, Camat Se-Kabupaten Klungkung dan Tokoh Puri Se-Bali dan disaksikan oleh Masyarakat Klungkung. 


Sesampainya Rombongan Di Simpang Lima, Ida Dalem Semaraputra disambut oleh Tarian Hanoman dan Dewi Sita Selanjutnya dilakukan pengalungan bunga,dan ditandu bersama Simbol Gelar Pahlawan oleh petugas dari Sat Pol PP menuju Catus Pata dengan diiringi Drum Band, Tarian Rudat dan Bale Ganjur


Kemudi dilanjutkan dengan  mengelilingi Catus Pata sebanyak 3 kali diiringi Lagu Perjuangan Korsik dan Bale Ganjur selanjutnya menuju ke Puri Agung Klungkung.


Ida Dalem Semaraputra Memberikan sambutan kepada para tamu yang hadir yang intinya merasa terharu terhadap sambutan yang telah diberikan oleh masyarakat dan berterimakasih kepada undangan yang hadir baik dari pemerintah provinsi, daerah maupun masyarakat.


"Kami merasa bangga karena leluhur kami yaitu Ida Dewa Agung Jambe Raja Klungkung XI mendapatkan gelar sebagai pahlawan nasional" Ucap Ida Dalem Semaraputra saat memberikan sambutan


Semoga dengan diberikannya gelar ini bisa menumbuhkan jiwa nasional dan  nilai perjuangan bagi warga masyarakat Kabupaten Klungkung. Tuturnya


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta saat menghadiri kegitan mengungkapkan rasa bangga atas Diberikannya Gelar Pahlawan Terhadap Raja Klungkung yang ke-XI Ida Dewa Agung Jambe, sehingga Ida Dalem Semaraputra Sebagai Ahli Waris Raja menerima secara langsung penganugrahan yang di berikan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. 


Kita sebagai Warga Masyarakat Klungkung patut berbangga, karena Putra Terbaiknya mendapatkan Gelar Pahlawan. Ujarnya 


Disamping itu juga saat berlangsungnya ceremonial ini, kami dari Polres Klungkung telah memploting Personel Untuk Melaksanakan kegiatan Pengamanan dengan melakukan pengalihan arus Dari Simpang Lima hingga Catus Pata. Sehingga setiap Pertigaan maupun perempatan sudah di tempati oleh personel Polres Klungkung sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman serta Kamseltibcarlantas kondusif. Imbuhnya (*)