Bali - Direktur Pelayanan Tahanan Dan Anak Dan Pengelolaan Benda Sitaan Dan Barang Rampasan  Negara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Mhd. Jahari Sitepu melaksanakan kunjungan kerja ke Rutan Gianyar, LPKA Karangasem dan Lapas Karangasem dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan dan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)/Anak Binaan, Kamis, (25/7). 


Kunjungan kerja Direktur Yantah Lola Basan Baran tersebut didampingi juga Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali, I Putu Murdiana dan jajaran. 


Direktur Yantah Lola Basan Baran melakukan peninjauan langsung ke berbagai fasilitas yang ada di Rutan Gianyar, LPKA Karangasem dan Lapas Karangasem. Mulai dari blok hunian yang menjadi tempat tinggal para WBP/Anak Binaan, ruang kerja petugas, dapur yang menyediakan makanan bagi para WBP/Anak Binaan, hingga ruang kegiatan yang digunakan untuk berbagai program pembinaan. 


Dalam setiap peninjauan, Direktur memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh petugas, namun tak lupa juga memberikan sejumlah catatan dan masukan untuk perbaikan.


Salah satu fokus utama kunjungan ini adalah pada program pembinaan yang dilaksanakan. 

Beliau berinteraksi langsung dengan beberapa WBP/Anak Binaam untuk mendengarkan aspirasi dan kendala yang mereka hadapi selama menjalani masa pidana. 

Mhd. Jahari Sitepu juga memberikan motivasi kepada para WBP/Anak Binaan agar tetap semangat dalam mengikuti program pembinaan dan berbenah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


Dalam arahannya kepada petugas, beliau juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan kepada WBP/Anak Binaan. Beliau juga mengingatkan agar seluruh petugas senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban di dalam Rutan/Lapas/LPKA. 

Selain itu, Direktur memberikan arahan terkait dengan menghindari lingkungan narkoba dan judi online yang menjadi salah satu perhatian saat ini.


Kepala Divisi Pemasyarakatan I Putu Murdiana berharap dengan adanya kunjungan kerja ini, Lapas/Rutan/LPKA dilingkungan Kanwil Kemenkumham Bali dapat semakin optimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Seluruh petugas agar berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan program-program pembinaan yang lebih efektif, sehingga para WBP/Anak Binaan dapat kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik. ***